Tuesday, November 19, 2013

Backpacking ke Pangandaran 7-9 July 2012

Pangandaran. Pantai, liburan, berenang, selalu terbayang bayang di otak ku kapan ya bisa kesana. Eh tidak disangka tidak di duga tanggal 7-9 Juli 2012 kemarin momen liburan itu bisa terwujud, yipppiiee ! Bener bener ngga disangka loh, karena memang pada awalnya ngga ngerencanain ke Pangandaran di minggu itu. Emang sih semenjak berbulan bulan lalu, aku dan pacarku udah punya wacana mau liburan kesana. Tapi yang namanya wacana, ya wacana aja. Ngga pernah terwujud, ada aja halangan nya. Dan di minggu itu tuh aku sama pacarku lg berantem hebat sampe diem dieman. Eeeeh tiba tiba dia sms ngajak ke pangandaran, gimana ngga menggiurkan coba? So, here we go....
Kita ke pangandaran dari hari sabtu subuh sampe senin sore. Aku bela belain bolos kerja sehari demi liburan ini :p. Sayangnya pas kita kesana itu lagi peak season, masa masa liburan sekolah huhu kebayang sama aku nanti di pangandaran orang orang berenang kaya cendol huhuhu L Dan bener aja, lagi ada acara anak vespa gitu disana. Sepanjang jalan ketemu anak anak vespa yang motornya itu udah ajaib ajaib semua bentuknya. Ada yang kaya otopet (kebayang berdiri bawa motor sampe pangandaran -___-), ada yang saung saungan, ada yang kaya mobil tamiya (rangkanya aja), ah udah ngga bisa ungkapkan dengan kata kata deh. Sayang nya ngga aku foto, karena takut digebugin yang empunya vespa nya. Selain anak vespa juga ada klub moge, klub motor cb, bus yang entah rombongan dari mana, yang memang lg ada acara disana L

Aku dan pacarku berangkat berduaan doang pake motor. Alesannya simple, biar gampang nanti disana kemana mana nya. Yang bawa motor full pp pacarku, hoho. Aku sempet bawa motor sepuluh menit di daerah tasik dan langsung berhasil nabrak mobil APV di depan. Dengan suara “tuk” pelan berhasil pula aku menempelkan sedikit warna merah dari si mio ke APV item itu L untung yang empunya ngga nyadar, dan untung mobil dan motor kita ngga kenapa napa. Setelah minta maaf dan lanjut perjalanan, eh kena tilang di ciamis karena si doi ngga pasang plat nomor belakang. Grrr bikin kesel ya, udah tau mau jalan jauh masih aja males itu pasang plat nomor.

Untuk lebih detail nya, berikut review pejalanan kita dari Bandung – Pangandaran – Bandung, cekidot pemirsa:

Saturday, 7th July 2012
Kita berangkat jam 03:30 wib alias subuh buta dari Padalarang, dan nyampe jam 10:00 wib di Pangandaran (jam 10 itu udah check-in di penginapan). Selama di perjalanan, sempet berhenti beberapa kali buat isi bensin di garut, sarapan lontong kari di tasik, insiden APV di tasik, di tilang di ciamis (stnk disita, bisa diambil hari senin di polres ciamis), ngambil duit ke atm dan mampir ke alfamart untuk beli shampoo semuanya di ciamis. Nyampe pangandaran bayar tiket masuk Rp 11.000 (2 orang + 1 motor). Begitu masuk diserbu lah kita oleh calo calo bermotor maupun yang jalan kaki yang nawarin penginapan. Berhubung peak season, hotel hotel maupun penginapan udah banyak yang full. Kasian banget si doi udah kecapean dan pengen tidur, doi udah ngebujuk aku buat  check-in ke penginapan yang di tawarin calo. Tapi aku dengan gigih dan pasang muka sebel mengusir calo calo tersebut. Abis aku pengen nyari penginapan yang udah aku dapet review nya di internet. Eeeeh sialnya semua penginapan yang aku pengen FULL dong FULL ! nih beberapa harga penginapan yang aku datengin, Sandaan Hotel : Rp 200rb/nite, Mini Tiga Homestay : Rp 120rb/nite, Villa Angela : Rp 250rb/nite, Hotel Komodo : Rp 150rb/nite. Akhirnya kita ambil Hotel Komodo karena tiga penginapan yang disebutin udah FULL dan si doi kaya udah mau tidur di jalan aja :)

Note: all prices during peak season on weekend. Jadi kalo diluar itu kayanya bisa jauh lebih murah.
Penampakan Luar Hotel
Parkiran motor
Begitu check-in, beres beres, mandi, tidur deh bangun bangun jam 3 sore dan kelaparan berat. Berangkatlah kita ke warung nasi yang agak jauh dari penginapan naik motor dan makan nasi rames seharga 19rbu untuk 2 orang. Kenyang, murah, dan entah kenapa bisa kepikiran makan disini. Balik ke penginapan buat nyimpen motor, langsung caw jalan kaki ke pantai. Euh bener lah yah itu anak anak vespa udah pada bergerombolan di pinggir pantai maupun pinggir jalan, ya karuleheu, ya keliatan nya pada kecapean (inget yang naik otopet :D), pada ngagolepak we itu mah di pinggir jalan gera. Nyampe pantai, liat laut, udah kaya orang bego, lari lari ngejar ombak, si doi manggil manggil minta foto foto dulu ngga di denger, berenang aja sendiri. Udah norak banget lah aseli, tapi biarlah yang penting happy J Pas lagi asik berenang gitu, sempet liat beberapa kelompok anak vespa yang tadi ada yang berenang juga. Lucu deh ngeliat cowok cowok gimbal berenang, kejar kejaran di pantai. Kaya liat video klip reggae gitu haha. Tapi ups, bukannya mereka itu yang kucel kumel bau tadi ya? Terakhir pada mandi kapan itu?? Dan air yang mereka pake berenang sama dengan air yang aku pake berenang (yaiyalaaah) sempet mikir, ah yasudahlah, dipikirin banget ngga tiap hari ini.
FOTD me and doi pas sunset di pantai barat pangandaran:
wesweyyy
sebatt dulu
sunset
catching the sun
Puas main di pantai balik ke penginapan buat mandi dan bersih bersih, karena belum terlalu lapar sekitar pukul 7 malam kita mutusin buat jalan jalan di pinggir pantai. Imaginasi: jalan jalan malam romantis bertelanjang kaki di hamparan pasir ditemani deburan ombak bertabur bintang bintang. Realita: keadaan gelap banget cuma bisa liat gulungan ombak warna putihnya aja. Banyak anak vespa yang lg bergerombol juga di pantai jadi harus hati2 jangan sampe nginjek kepala orang. Angin yang super duper dingin (bikin romantis sih jadi pengen deket deketan terus :p ). Sialnya pas lagi menikmati suasana yang ngga nikmat itu, aku menginjak sesuatu di atas pasir. “Yank, aku nginjek ee kayanya” doi cuma jawab “Iiiiihh, jijik” entah ee orang entah ee binatang ato apalah, pokonya pas di injek anget dan lembek lembek khas ee ajalah gimana. Ga pake sendal lagi T_T.

Setelah membersihkan kaki dengan pasir seadanya, balik ke penginapan buat cuci kaki dan ambil motor. Berangkat lah kita menuju pasar ikan untuk makan yuhuuu. Dan tau ngga sih, makin malam itu motor vespa makin banyak aja. Mulai muncul juga vespa vespa normal lainnya. Vespa nya retro gitu, lucu, bersih, mengkilap. Yang itu dari klub mungkin, abis bawa bawa spanduk. Ada juga yang vespanya nyampe panjang banget dong itu, ngga tau sekitar 2 meter lebih kali panjang nya. Ditambah sama orang orang yang emang penuh pada liburan. Masa dari penginapan ke pasar ikan macet coba. Pantai gituloh macet !

Ya yang bawa mobil, motor, vespa, yang jalan kaki, tukang dagang yang dipanggul, sepedah yang bisa dinaikin sampe 5 orang itu, tumpah ruah semua di jalan. Pusiiiiiiiing @_@Nyampe pasar ikan, makan di resto apa ya lupa pokonya makan cumi goreng tepung, udang saos tiram, cah kangkung, dan nasi sebakul sekitar Rp75rbu. Minum nya teh tawar aja biar murah. Soal porsi jangan ditanya, kita berdua itu tipe orang yang makan nya porsi kuli panggul.Abis makan langsung tidur, charge energi buat aktivitas yang full seharian besok.

Sunday, 8th July 2012
Bangun pagi sekitar jam 08:00. Keinginan untuk berburu sunrise dikalahkan oleh bakat tidur yang luar biasa. Selesai mandi, langsung caw to our first destination : Batu Hiu. Fyi aja jarak ke pangandaran ke batu hiu cukup jauh loh, 20/30 KM gitu ya lupa. Katanya sih bisa ditempuh pake angkot diterusin ojeg. Tapi sumpah, sepanjang perjalanan kayanya ko ga liat angkot. Thanks God, kita bawa motor. Begitu nyampe gerbang batu hiu si doi ces pleng aja lewat depan penjaga nya. Jadi nya geratis alias ga bayar hehe.
dimakan hiu dan bete
batu hiu yang ga mirip hiu
Penasaran banget sama batu hiu ini, kata orang orang ada batu karang di tengah lautnya yang bentuknya mirip ikan hiu, terus pemandangan di tebing nya yang kaya di Tanah Lot, Bali. Mana cik mana, kebetulan belum pernah ke Bali jadi ya cukup liat disini dulu aja. Setelah sampe atas tebing dan liat si batu hiu itu cuma bisa bilang “WAW” batunya sih udah ngga tau berbentuk apa itu, terkikis karang sepertinya. Tapi view nya itu loooooooh bikin pengen bilang lagi “WAW”.
cantikss
tanah lot kw kw an
boy
sebatt lagi
Di Batu hiu juga ada penangkaran penyu. Tapi kita ngga kesana karena memang ngga ada di rencana perjalanan kita dan juga gatau harus bayar berapa :p (intinya sih ngga ada duit). Beres foto-foto, cabutlah kita menuju destinasi utama yaitu Cukang Taneuh a.k.a Green Canyon. Nyampe Green Canyon sekitar jam 10:00 pagi udah disambut antrian luar biasa pengunjung yang mau naik perahu. Untuk harga sewa perahu adalah Rp 75rbu/perahu yang cukup menampung 5-6 orang. Karena kita cuma berdua dan rugi kalo bayar perahu buat berdua doang akhirnya kita putuskan nyari joinan yang mau diajak sewa perahu bareng.

Ternyata cari joinan itu ngga semudah yang dipikirkan L, rata rata udah dengan keluarga atau rombongan. Semakin lama kita nyari orang buat joinan, semakin banyak aja rombongan yang dateng huhuhu. Kita putuskan buat isi perut dulu di warung makan sekitar. Doi makan nasi rames, aku pesen soto total Rp22rbu. Mahal, mana sotonya ngga pake nasi dan hambar huhu.

Lanjut nongkrongin loket sewa perahu berharap ada 3 orang yang butuh joinan lagi tapi susah sekali. Sempet di tawarin body rafting juga sama bapak bapak yang ada disitu. Katanya di tim dia ada 4 orang, bisa joinan 2 orang lagi. Tapi begitu denger harga nya langsung menurunkan niat kita yang udah membara buat ikutan body rafting. Kalo ngga salah harganya sekitar Rp 875rbu/kelompok (1 kelompok terdiri dari 5-6 orang), include transportasi ke Gua Bau (karena disinilah start body rafting – finish di Cukang Taneuh), snack, welcome drink, sewa peralatan, dokumentasi, dan perahu yang akan menjemput dari Cukang Taneuh.

Di hitung hitung sih malah lebih murah karena ada 4 orang lg yang bisa diajak patungan. Dan tampaknya body rafting jauh lebih seru dan menantang. Tapi apa daya, kita cuma bawa Rp 200rbu itu pun kepake si doi beli rokok dan makan tadi. Jadilah kita kembali menjadi calo yang menawarkan diri sebagai partner untuk join perahu. Kalo di inget inget kasian banget lah kita, duduk diem ngincer orang orang yang sekiranya bisa di ajak joinan. Terus nyamperin mereka dan menawarkan diri. Kaya apa aja huhu. Ada kali 1,5 jam kita jadi calo, sampe akhirnya di pertemukan dengan sepasang sejoli dari Cilacap. Entah siapa namanya, pokonya mereka mau kita ajak joinan cihuuuy J.

Kita patungan Rp 45rbu, pasangan itu Rp 30rbu, kata doi gpp kita bayar lebih gede juga. Toh kita yang pengen banget naek perahu. Dan setelah beli tiket, kita masih diharuskan menunggu antrian yang udah edan banget. Bayangin, pertama datang tadi nomor antrian nya masih puluhan, pas giliran kita nomor 345 dong. Gubrak ! Untung armada perahu nya banyak jadi cukup nunggu sekitar 1,5 jam lagi dan kita udah bisa naek perahu.

Daaaaaaan, here’s the views of Green Canyon:
crowded
pasangan yang bikin ngiri
airnya hijau segaarr
berenang enak loh
Pas di perahu, si guide nya nyamperin kita dan nawarin berenang gitu nanti disana. Dia nawarin harga guide berenang nya Rp 200rbu/perahu. Geblek, mana ada duit kita. Kita jujur jujuran aja sama si aa nya kalo duit kita pas pasan, kecuali si ibu dan bapak yang di depan mau berenang juga dan mau patungan. Sayangnya mereka ngga mau karena si bapak lagi ngga enak badan katanya. Si aa nya masih terus kekeuh manas manasin kita, katanya rugi banget kalo ke Green Canyon ngga pake berenang. Lah kita mau tapi duitnya ngga ada gimana? Akhirnya dapet lah kita harga Rp 100rbu untuk kita berdua. Mahal emang, tapi mau gimana lagi, udah terlanjur pengen banget berenang.

Kita berenang berdua aja, si ibu sama si bapak nunggu di perahu. Si doi kan ngga bisa berenang, rada panik juga dia pas pertamanya. Eh karena pake pelampung, seterus nya dia malah keasikan ;;) kita dipandu berenang ngelawan arus gitu. Hihi asik deh, agak susah juga ngelawan arus, padahal udah dibantu pelampung. Eh si aa guide nya jago banget berenang cepet banget ga pake pelampung, padahal kan dalem lumayan. Setelah beberapa saat, tibalah kita di Batu Payung. Batu gede gitu sih, cuma emang bentuk nya kaya jamur payung.

Si aa nya nawarin loncat indah dari atas batu, ngiler dah kita. Ngikutin si aa manjat manjat karang di pinggir batu dan tibalah di atas si batu. Di bawah ada beberapa orang yang abis berenang juga lagi istirahat di batu karang deket tempat loncat kita. Si aa nya dengan berbaik hati memperagakan gerakan loncat yang baik dan benar. Uuuuhhh memacu adrenalin banget liatnya, apalagi pas liat kebawah, berasa lutut itu meleleh @_@. Eh si doi bilang dia ngga jadi loncat, ngga berani dan turun lagi. Geblek ditinggal sendiri di atas batu dong. Si aa nya dari bawah sudah menyemangati, tapi  makin disemangati makin takut huhu. Mana orang orang yang lg istirahat di bawah pada nyorakin lagi. Dipikir doger monyet kali ah. Akhirnya setelah hilang ingatan beberapa detik (ngga tau gimana tiba tiba loncat aja dan inget inget udah nyebur) aku berhasil loncat dengan tidak indah. Yeeeess. Sayang banget, ngga bawa kamera buat mengabadikan moment nya, karena kamera ku bukan waterproof sih L.

Abis dari batu payung dilanjut ke pemandian putri, pemandian putri ini semacam kolam di atas batu karang gitu. Air nya bening dan dingin banget. View nya juga keren, kita bisa liat batu karang dan aliran arus air di bawah dari sini. Aku sempet nanya sama si aa nya, putri macam apa yang dulu mandi disini? Secara aku aja harus berjuang susah payah buat berenang dan  dan naik naik ke atas batu karang nya. Itu kayanya si putri nya macam warrior princess gitu kali ya. Untuk pulang nya gampang, kita tinggal nyantei saja mempasrahkan badan pada derasnya arus yang  mengalir, berasa terbang tapi di aer haha. Pas nyampe perahu kasian banget si ibu dan bapak mukanya udah bete dan kedinginan. Ternyata kita berenang ada mungkin 1 jam lebih. Duh jadi ngga enak.

Setelah berpisah dengan pasangan tadi, kita masih lanjut ke Batu Karas. Sekitar 15 menit mungkin jarak Green Canyon ke Batu Karas. Sesampainya di gerbang loket tiket, seperti di Batu Hiu tadi, si doi ces pleng aja. Gratis lagi hoho.

Di batu karas ada yang nyewain water sport kaya Banana Boat, etc. Tapi ya mau gimana duit udah abis. Aku ngajak berenang lagi tapi doi ogah karena cape berenang di Green Canyon tadi. Jadilah kita naik ke atas bukit dan nongkrong pinggir tebing sambil ngobrol. Mau foto foto kamera udah keabisan batere dan mati.

Cuma sempet foto ini doang:

Karena kelaparan dan ga punya duit, pulang lah kita ke penginapan. Setelah bersih bersih, keliling sekitaran pantai jalan kaki (karena aku ngga mau naek motor, pantat udah berasa abis) nyari tukang cuanki. Perasaan malam minggu kemaren aku liat ada tukang cuanki, dan perut pengen banget diisi kuah pedes dan anget. Sialnya sejam keliling keliling ngga ada satupun tukang cuanki. Doi udah lemes kelaperan dan kecapean. Ujung ujung nya makan indomie di tenda pinggir pantai. Bayangin, jauh jauh ke pangandaran makan indomie ! huhu.

Abis makan, langsung balik penginapan buat tidur, padahal masih jam 19.00 kurang, tapi kita kecapean banget dan nyiapin tenaga juga buat pulang besok.

Monday, 9th July 2012
Bangun tidur jam 07.30 pagi. Gagal lagi liat sunrise. Langsung mandi dan packing buat pulang. Setelah check out dari penginapan mampir dulu ke toko souvenir buat beli oleh oleh tutup mulut temen temen kantor yang tau aku bolos. Di mulai lah perjalanan panjang kita menuju Bandung. Sempet sarapan nasi rames porsi kuli dulu di Banjar, karena makanan tadi malam sudah lenyap ngga bersisa di perut. Terus sempet isi bensin juga. Kita ngejar waktu karena aku harus ngejar travel buat ke jakarta jam 16.30 sore. Mampir dulu ke polsek Ciamis buat ngambil stnk, untung ngga dipersulit.Nah, di perjalanan pulang ini ada tragedi nih. Di daerah Garut, daerah Malangbong. Si doi kan lagi bawa motor dengan kecepatan standar standar aja ya. Dan doi udah bawa di pinggir sebelah kiri sekali loh. Aku lagi ngga ngeliatin jalan, aku lagi ngelamunin mau makan dimana karena perut udah berasa kelaparan lagi, lagi asik asik nya ngebayangin makan baso tiba tiba GUBRAAAKKK, yang aku inget aku keseret motor dan si doi, terus kelempar kedepan, jungkir balik di aspal dan pas jungkir itu sempet ngeliat ada motor di belakang kepala aku T_T. Tiba tiba aku udah duduk di tengah jalan yang sepi (karena motor dan mobil udah pada minggir) terus si doi datang ngangkat aku dari jalan dan bawa aku ke pinggir. Setelah di tolong warga juga, kita dibawa ke semacam pos yang kaya warung gitu (tapi bukan warung karena ngga ada yang jualan) di seberang jalan.

Untung safety kita lengkap ex: helm SNI, masker, sarung tangan, jaket, kaos kaki, sepatu. Siku aku kegosok jaket  dan aspal berdarah darah. Dan kaki berasa sakit banget (diliat di kosan ternyata punggung kaki keteken aspal kayanya jadi nyeri, jempol kaki dan betis bengkak, sikut tangan luka dan berdarah, leher juga nyeri karena sempet jungkir tadi ), si doi gatau apa yang luka karena dia sibuk ngurusin motor nya (katanya sih pahanya lecet, tangan dan jari jari yang buat  megang gas, sama kakinya bengkak).

Pas liat motor udah miris semiris mirisnya, injekan kaki bawah si mio ancur se ancur nya, huhuhu. Batok nya kena, terus segitiga bawah nya juga kena. Ngga ngerti pokonya katanya harus di press.Denger cerita dari warga yang jadi saksi sih begini: doi kan lagi bawa motor di pinggir, dari arah berlawanan ada motor yang lagi nyalip mobil, eh sama terdakwa yang nabrak kita si motor yang lagi nyalip itu disalip lagi. Abislah jalan bagian kita, udah gitu dia bawa motornya oleng lagi, standarnya ngga dinaekin lagi. Nyangkutlah standarnya ke motor kita dan terjadilah tragedi itu.

Di rembukin lah mau gimana jadinya, pas liat orang yang nabrak kita tuh ternyata masih muda, ya anak muda kampung gitu lah. Dia bilang dia ngga bisa ganti, karena dia juga cuma tukang ojeg, terus dia ngeluarin duit nya yang lembaran sepuluh ribuan entah mungkin ada 4-5 lembar. Maksudnya mungkin “nih saya cuma punya duit segini, buat kalian aja semua saya ngga bisa ganti”. Ebusseeet, gila aja. Gimana caranya kita pulang coba kalo begitu. Liat si terdakwa dalem hati berkecamuk segala perasaan antara kesel, marah, kasian iya, ngga tega juga iya. Makanya sih, kalo ngga bisa ganti rugi dan tanggung jawab bawa motor nya itu ya hati hatiiiiiiiiiii. Udah nyelakain orang, kelabakan ngga bisa tanggung jawab begini kan jadinya beginiiiiiiiiiiii!!! Kesel ya Alloh kesel L

Untung nya, ternyata orang itu masih warga sekitar. Dan ada warga yang punya bengkel deket lokasi kecelakaan dan punya stok BB body mio bawah itu. Dikasih jalan tengahlah sama si doi, biarin si terdakwa ganti body bawah nya aja itu, buat batok, segitiga, dan press itu biarlah jadi tanggungan si doi. Masalah bayar body mio itu jadi urusan si terdakwa dengan yang empunya bengkel, karena mereka sama sama kenal ini.

Sambil nunggu doi kebengkel pasang body, aku nunggu di pos itu sambil ngobrol dengan warga. Katanya beruntung banget kita pas jatoh pas lagi ngga ada mobil. Langsung inget, dari tadi di perjalanan itu banyak banget bus dan truk truk gede yang rodanya nyampe 12 dengan kecepatan di atas rata rata. Kabarnya lagi, minggu kemarin nya, ada yang cuma kesenggol doang eh langsung kegiles sama bus. Inalilahi, langsung baca doa dan baca alhamdulilah dalem hati ngga berhenti berhenti. Alhamdulilah Ya Alloh, kami masih diberi kesempatan hidup dan semua anggta badan lengkap dan utuh pada tempatnya. Namanya juga kecelakaan, walapun kita  udah berhati hati semaksimal mungkin, tapi kalo orang lain ngga berhati hati, tetep aja bisa jadi korban.

Setelah beres motornya, kita lanjut perjalanan ke Bandung. Sampe Bandung disambut macet. Sempet deg deg an takut ngga keburu, nyampe Pasteur jam 16.00 mesen travel Baraya dan alhamdulilah ada saat itu juga. Berpisah dengan si doi, kemudian doi pulang ke padalarang dan aku lanjut perjalanan ke Jakarta.

Berikut detail biaya nya:·         Untuk bensin mio, mio nya mio yang keluaran dulu ituloh : 50rbu
·         Sarapan lontong kari : Rp 6.000/porsi x 2 = Rp 12rbu
·         Tak terduga : Rp 50rbu
 TOTAL : Rp 767.000,-

1 comment:

1. wah murah banget budget segitu bisa puas liburan ke pangandaran, dulu waktu smp saya pernah kesitu, sangat rame banget, saya kepikiran kalo diadain wahana waterpark langsung ke pantainya cakep banget tuh, kalo mau liat-liat konepnya Klik webnya